Selasa, 14 Januari 2014

PRASARANA TRANSPORTASI SAAT INI

Pada dasarnya pedoman di Indonesia dalan pembangunan dan perbaikan prasarana jalan di Indonesia sudah sesuai standar, namun kondisi eksisting sekarang belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan sesuai undang-undang berlaku.Pelaksanaan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas terdapat pada Pasal 93 yang berisi :1)      Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas dilaksanakan untuk mengoptimalkan penggunaan jaringan Jalan dan gerakan Lalu Lintas dalam rangka menjamin Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
2)      Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan:
a)      penetapan prioritas angkutan massal melalui penyediaan lajur atau jalur atau jalan khusus;
b)      pemberian prioritas keselamatan dan kenyamanan Pejalan Kaki;
c)      pemberian kemudahan bagi penyandang cacat;
d)      pemisahan atau pemilahan pergerakan arus Lalu Lintas berdasarkan peruntukan lahan, mobilitas, dan aksesibilitas;
e)      pemaduan berbagai moda angkutan;
f)       pengendalian Lalu Lintas pada persimpangan;
g)      pengendalian Lalu Lintas pada ruas Jalan; dan/atau
h)      perlindungan terhadap lingkungan.
 Banyaknya penempatan dan kondisi fasilitas yang belum sesuai dengan peraturan menyebabkan permasalah yang mendasar pada transportasi masa sekarang ini sehinnga kelihatan kacau pada tempatnya. semoga pasal diatas bisa untuk pedoman yang pasti dalam pembangunan maupun perbaikan dalam mewujudkan tujuan transportasi sesuai Pasal 3 UU No 22 th 2009 Lalu Lintas dan Angkutan Jalan diselenggarakan dengan tujuan:
a.      terwujudnya pelayanan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang aman, selamat, tertib, lancar, dan terpadu dengan moda angkutan lain untuk mendorong perekonomian nasional, memajukan kesejahteraan umum, memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa, serta mampu menjunjung tinggi martabat bangsa;
 b. terwujudnya etika berlalu lintas dan budaya bangsa; danc. terwujudnya penegakan hukum dan kepastian hukum bagi masyarakat.
semoga tujuan untuk kebaikan dapat tercapai. amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar